Minggu, 15 Desember 2013

HOBI RENANG

Renang adalah salah satu hobi favorit saya , terkadang saya renang setiap ada waktu luang seperti weekend atau hari hari libur ,saya suka renang bersama teman teman saya , jika sudah renang saya terkadang sampai lupa waktu karena terlalu asik bermain air ,renang selain menyagarkan badan juga untuk meningkatkan tinggi badan juga bersantai dari kesibukan sehari hari .

Selain menjadikan renang sebagai hobi ,juga sebagai rekreasi yang menurut saya asik, mencari tempat renang baru yang di lengkapi dengan seluncuran yang tinggi juga termasuk dalam tujuan renang .dengan renang saya bisa melatih ketahanan saya di air, pernapasan ,serta keliahaian dalam melakukan gerakan renang ,seperti gaya punggung dan gaya kodok ,serta gaya batu hehe :D . tidak sedikit tempat renang yang saya kunjungi ,”Atlantis (ancol)” , “The jungle(bogor) , “waterboom” dan tempat tempat rekreasi renang lainnya .

Mulanya dulu waktu kecil saya kurang suka dengan renang karena takut tenggelam atau tidak bisa berenang tapi saya mencoba beranikan diri untuk mencoba pada waktu ada pelajaran olahraga renang yang mengharuskan seluruh siswa nya untuk ikut ,pertama saya tidak terlalu pede. Sebelum renang di ajarkan pemanasan dulu agar tidak terjadi hal – hal yang buruk yang terjadi di dalam air .lama kelamaan saya menjadi relax .Banyak gaya renang yang di ajarkan ,tapi tidak banyak yang saya bisa ,yang penting ada basic agar bisa renang dan sampai sekarang kesukaan saya terhadap renang semakin meningkat. Dan sekarang biasanya pada saat saya renang bersama teman teman lebih banyak bermain air seperti bersantai hanya sekedar berendam.

Renang bisa juga untuk melatih pernapasan di dalam air, seperti saya sering menyelam untuk melatih seberapa lama saya bisa bertahan di air , atau mengatur nafas dengan cara sebelumnya saya mengambil nafas dalam dalam dan pada saat menyelam ,membuang nafas sedikit ,ketika nafas sudah mau habis baru saya akan menyembul keluar dari air. Sungguh asik jika sedang menyelam. Menaikan tinggi badan juga salah satu faktor yang mendorong saya untuk melakukan olahraga ini, karena banyak yang bilang bahwa renang adalah cara alternative untuk menaikan tinggi badan, awalnya saya tidak terlalu percaya karena sampai sekarang walaupun saya sudah cukup melakukan renang ,tinggi badan saya tidak terlalu banyak bertambah hehe .
Diantara empat gaya renang yang ada (gaya dada, gaya bebas, gaya kupu-kupu, dan gaya punggung), yang paling sulit cara bernafasnya adalah gaya bebas. Dalam gaya dada dan gaya kupu-kupu, bernafas bisa dilakukan dengan mudah karena ada saat dimana kepala kita seluruhnya berada diatas permukaan air. Bernafas dalam gaya punggung juga tidak sulit karena kepala dan tubuh kita menghadap dengan bebas ke arah langit. Adapun dalam gaya bebas, kepala kita tidak boleh sepenuhnya menyembul dari permukaan air. Inilah yang menjadikan bernafas dalam gaya bebas terasa lebih sulit.


Namun jika sudah biasa, tidak akan ada lagi hal yang sulit. Mengambil (menghirup) nafas dalam gaya bebas kita lakukan semenjak 2/3 kayuhan tangan kita, dan kita akhiri pada saat tangan kita kembali masuk kedalam air. Kita ambil contoh mengambil nafas ke sisi kiri. Pada saat kayuhan tangan kiri kita sejajar dengan dada, akan timbul gaya angkat pada sisi kiri tubuh kita. Akibatnya, tubuh pun akan miring menghadap ke sisi kiri. Pada saat itulah kita mulai mengambil nafas. Dan kemiringan tubuh kita dengan sendirinya akan membantu wajah kita untuk bisa menyembul keatas permukaan air dengan mudah dan alami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar