Sabtu, 03 Mei 2014

RENCANA PEMASARAN

Dalam memulai atau menjalankan suatu usaha pastilah akan selalu ada keinginan untuk memajukan usaha itu. Untuk mewujudkan usaha yang maju maka di perlukan suatu rencana pemasaran. Rencana pemasaran sangatlah berpengaruh dan berperan penting dalam melakukan suatu usaha karena itu yang akan menentukan bagaimana usaha kita akan berkembang. Sebagai seorang wirausahawan haruslah memperhatikan hal hal penting apa saja untuk membuat suatu rencana pemasaran agar usaha itu dapat maju dan berkembang .

Tetapi, sebelum membuat rencana pemasaran kita harus menetapkan tujuan usaha karena ini merupakan titik awal dari rencana pemasaran . Tujuan ini sangat penting dan harus ditetapkan sebelum mengambil suatu strategi, tanpa tujuan yang pasti perusahaan tidak akan dapat beroperasi dengan baik meskipun memiliki kesempatan yang baik.

 Tujuan perusahaan dibedakan menjadi 2, yaitu :

Tujuan Umum
Misalnya : Mencari laba, memberikan kepuasan konsumen, dll

Tujuan Khusus
Tujuan khusus ini diperlukan sebagai pegangan dalam melaksanakan kegiatan untuk memenuhi kebutuhan pasar.
Misalnya : Meningkatkan kualitas produk, memperluas pasar, mendapatkan laba untuk jangka pendek, dll

Jika wirausahawan sudah menetapkan untuk mencapai suatu tingkat penjualan tertentu, kemudian yang menjadi pertimbangan dalam merumuskan rencana pemasaran adalah :

TARGET PENJUALAN
seorang wirausahawan harus mempunyai target untuk menentukan seberapa banyak penjualan dan seberapa besar hasil pendapatan dari suatu target penjualan itu.

ANGGARAN PEMASARAN
biasanya anggaran pemasaran ini di peroleh berdasarkan seberapa banyak presentase dari suatu target penjualan.

PENETAPAN HARGA
Penetapan harga merupakan suatu aspek untuk menghasilkan laba di dalam rencana pemasaran. wirausahawan harus menetapkan harga dan daftar harga sebelum diberikan potongan atau discount. Selain itu juga harus mempertimbangkan faktor permintaan, biaya dan persaingan dalam menetapkan harga yang direncanakan.

PENETAPAN PRODUK
menetapkan dan mempertimbangkan produk apa yang akan dijual dan produk itu sendiri haruslah dapat menarik perhatian konsumen dan dapat laku di pasaran ,tentu saja dengan memperhatikan aspek kualitas produk yang tinggi .

PROMOSI
promosi adalah elemen sangat penting dalam suatu rencana pemasaran, tanpa adanya promosi suatu produk tidak akan terlalu di kenal di pasaran maka dari itu seorang wirausahawan harus mempunyai kemampuan yang lebih di bidang marketing untuk menarik perhatian konsumen dengan cara promosi.

PLACE
seorang wirausahawan juga harus pintar dalam menempatkan produknya di pasaran ,tentu saja dengan melihat aspek persaingan .

Sebagai contoh ,saat ini jenis usaha yang saha jalankan adalah usaha online shop pakaian seperti baju dan celana ,dengan produk produk yang sangat bervariatif  juga mempertimbangkan nilai dari kualitas dari produk itu sendiri. Usaha ini bisa di bilang sedang berkembang pesat karena bisnis ini mempunyai prospek dan keuntungan yang lumayan besar. Mengandalkan teknologi alat komunikasi berupa handphone dan bisa juga di media sosial untuk memasarkan ,menjual dan mempromosikan produk. Karena sasaran penjualan nya sebagian besar anak muda atau remaja ,harga yang di tawarkan juga relatif terjangkau kocek. Karena usaha ini sudah semakin banyak orang yang menjalankannya otomatis persainganpun semakin ketat, dan di sinilah kita harus pintar menarik perhatian konsumen dengan melakukan promosi gencar gencaran. Promosi yang paling bagus ,harga yang terjangkau, serta kualitas produk itulah yang akan di cari oleh konsumen. Konsumen ingin membeli produk kalau produk itu sesuai dengan keinginannya begitu juga sebaliknya, produsen dapat memperoleh keuntungan kalau produk itu di beli oleh konsumen. Dan dengan keuntungan yang di hasilkan produsen dapat melanjutkan usahanya hingga dia bisa memenuhi kebutuhan konsumen yang lebih besar di masa yang akan datang.


Kesimpulannya yaitu untuk dapat mencapai semua itu membutuhkan yang namanya rencana pemasaran, agar apa yang di lakukannya sesuai dengan tujuannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar