Sabtu, 03 Mei 2014

BERAKHIRNYA USAHA dan SUMBER DAYA MANUSIA BAGI ORGANISASI KEWIRAUSAHAAN


Tidak sedikit suatu usaha atau organisasi kewirausaahn yang mengalami kegagalan. Kegagalan ini tentunya sangat menyakitkan bagi para wirausahawan dan terlalu sering bahwa kegagalan tersebut seharusnya bisa dihindari dengan perhatian yang lebih besar pada faktor-faktor tertentu dalam operasi bisnis. Dengan kegagalan usaha ini pun juga menghasilkan semakin banyaknya tingkat pengangguran.

Ada tiga alternatif dapat di ambil oleh suatu organisasi kewirausahaan yang mendekati kegagalan atau berakhirnya usaha yaitu :
a. Likuidasi adalah kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendeknya atau hutang yang harus dibayar dengan harta lancer lainnya.
b. Reorganisasi adalah suatu proses pembentukan norma-norma dan nilai-nilai baru agar serasi dengan lembaga-lembaga kemasyarakatan yang telah mengalami perubahan.
c. Rescheduling adalah upaya penyelamatan kredit dengan melakukan perubahan syarat-syarat perjanjian kredit yang berkenaan dengan jadwal pembayaran kembali kredit atau jangka waktu, termasuk besarnya jumlah angsuran atau tidak

jika suatu usaha sudah di kelola wirausaha tersebut sudah mengalami kegagalan ,bisa juga di alihkan kepada orang lain yang tertarik dan berniat untuk melanjutkan dan memajukan usaha itu lagi atau organisasi usaha itu menarik sesorang yang berpotensi memajukan usaha itu akan di latih untuk mengambil alih usaha tersebut.

Untuk menanggulangi kegagalan, seorang wirausahawan harus dapat merencanakan pembangunan kembali usaha itu. Beberapa cara yang di lakukan wirausaha untuk mempertahankan suatu organisasi kewirausahaan yaitu :
PENCARIAN TENAGA KERJA BARU
penarikan tenaga kerja yang berkualitas adalah hal yang pertama kali di lakukan suatu organisasi wirausaha untuk mengisi kekosongan posisi dalam usaha itu.

SELEKSI PEGAWAI/CALON PEGAWAI
melakukan seleksi tenaga kerja, penyaringan awal dari sumber daya manusia untuk mengisi suatu posisi dari organisasi kewirausahaan itu. Tujuannya adalah untuk mencari sumber daya manusia baru yang berkualitas dan berpotensi bekerja sama dalam memajukan usaha itu. Adapun beberapa tahapan proses seleksi yaitu penyaringan dari berkas lamaran atau data yang di kirim ke perusahaan, wawancara, tes pendahuluan, pemeriksaan kesehatan, penilaian pribadi, ujian ,sampai pada tahap training.

PELATIHAN KERJA
melakukan pelatihan kerja bagi pegawai baru maupun lama adalah upaya suatu organisasi kewirausahaan untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusianya dengan cara pelatihan pengalaman, keterampilan ,pengetahuan dan pelatihan lainnya guna menciptakan SDM yang lebih berkualitas dalam membangun usahanya.


Seorang wirausaha harus mengambil langkah cepat untuk menanggulangi kegagalan usaha dalam suatu organisasi kewirausahaan dengan menggunakan perencanaan yang di fokuskan untuk membangun kembali suatu usaha itu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar