Minggu, 27 Januari 2013

BANJIR


PENGERTIAN BANJIR

Banjir adalah suatu peristiwa dimana akibat air yang meluap berlebihan sehingga membanjiri dan merendam dataran rendah ,banjir juga bisa di definisikan dimana air merendam daratan yang tidak biasa terendam air tetapi bersifat sementara ,banjir biasanya terjadi akibat hujan yang begitu lebat dan tidak henti-henti ,bisa juga karena daratan yang di tinggali terlalu rendah ,akibatnya sedikit terkena hujan bisa terjadi banjir yang berlebihan .

Banjir bisa juga terjadi karena meluapnya sungai atau tertahannya aliran sungai sehingga air yang mengalir tidak tertahankan dan meluap ke daratan, atau jebolnya bendungan sehingga air mengalir ke daratan rendah dan merendam daerah tersebut. Banjir terjadi bisa juga akibat ulah manusia ,seperti membuang sampah di daerah sungai sehingga menyebabkan sungai tertahan dan tidak bisa mengalir ,menebang pohon secara liar bisa juga menyebabkan banjir karena hujan yang terus menerus turun ke bumi tanpa diserap oleh tumbuhan akan mengalir ke daratan rendah, hujan yang turun dengan lebat menyebabkan air mengalir dengan banyak ke dalam sungai. Sungai tidak mendapat menampung air hujan dalam jumlah yang banyak dan limpahan air sungai akan mengakibatkan banjir.

DAERAH-DAERAH YANG SERING TERKENA BANJIR

daerah Jakarta merupakan daerah yang paling sering terkena hujan di karenakan populasi penduduk yang tinggi dan pembangunan gedung yang semakin meningkat sehingga berkurangnya daerah daerah hutan dan sungai sungai semakin sempit untuk menampung air yang begitu banyak,berikut adalah daerah Jakarta yang sering terkena banjir :
Kelapa gading
kampung melayu
jalan sudirman
cipinang
otista
cempaka putih
manggarai
tanjung priok
rorotan
pluit
pademangan
marunda


DAMPAK-DAMPAK BANJIR

hujan yang terus menerus,air sungai yang banyak sehingga meluap,atau banjir kiriman dari daerah yang sering terkena hujan dan mengalirkan luapan air ke daerah daerah tertentu yang dapat mengakibatkan banjir di daerah tersebut ,dan menghasilkan dampak dampak negatifi banjir bagi masyarakat ,berikut dampak akibat terjadinya banjir :
-          banjir dapat merusak sarana dan prasarana ,menghancurkan gedung,dan mengikis jalanan sehingga terbentuknya kubangan dan lubang di jalanan.
-          Banyaknya penyakit yang muncul akibat dari dampak banjir karena sampah yang hanyut seringkali mencemari air dan secara tidak sadar air yang kita gunakan itu sudah tercemar sampah
-          Banjir dapat mengakibatkan pemadaman listrik yang berkepanjangan
-          Memadatkan jalur transportasi akibat genangan air yang begitu tinggi sehingga merendam jalanan dan mengakibatkan kendaraan tidak bisa jalan dan macet.
-          Banjir bisa merusak dan bisa menghilangkan peralatan,perlengkapan,atau harta benda ,bahkan bisa juga memakan korban.
-          Banjir bisa menyebabkan erosi dan longsor karena semakin deras aliran air yang banjir lama kelamaan akan mngikis tanah dan kemungkinan longsor bisa terjadi
-          Mengganggu dan menunda aktifitas sehari hari ,sekolah terganggu akibat tergenang banjir,pekerjaan pun jadi terganggu atau bahkan bisa berhenti untuk sementara waktu
-           
Menanggulangi dampak banjir.
ada beberapa cara dalam menanggulangi bencana banjir, hal ini perlu di lakukan agar bencani banjir tidak terus menerus menimpa rakyat ,kesadaran masyarakat terhadap lingkungan sekitar juga perlu di tanamkan .
Salah satunya dengan melakukan reboisasi terhadap hutan gundul ,dan pembuatan sungai sungai atau pengerukan sungai hal ini perlu di lakukan agar kedalaman sungai tetap terjaga, kedangkalan dan terhentinya aliran sungai akibat berbagai sampah yang di buang oleh masyarakat harus segera di urus ,harusnya pemerintah lebih rutin melakukan survey terhadap sungai sungai yang biasa mengakibatkan banjir, proyek proyek yang sedang di galakkan pada saat ini adalah proyek BKT(banjir kanal timur) harus terus di lakukan untuk memperkecil terjadinya banjir .

DAMPAK BANJIR PADA  EKONOMI AKUNTANSI

Banjir yang melanda Jakarta biasanya berdampak pada seluruh di kawasan yang tergenang banjir akan lumpuh. Jaringan telepon dan internet terganggu. Listrik di sejumlah kawasan yang terendam juga padam. Sehingga menyebabkan lampu lalu lintas padam dan kemacetan terjadi di banyak lokasi, termasuk di Jalan Tol Dalam Kota dan banyak rumah yang terggenang air yang menyebabkan rusaknya  rumah , maupun barang-barang berharga. Di bagian produksi menyebakan hasil produksi yang menurun. Genangan-genangan air di jalan hingga semeter lebih juga menyebabkan sejumlah akses dari daerah sekitar pun terganggu. Banjir juga membuat sebagian jalur kereta api lumpuh. Lintasan kereta api yang menuju Stasiun Tanah Abang tidak berfungsi karena jalur rel di sekitar stasiun itu digenangi air luapan Sungai Ciliwung sekitar 50 sentimeter. Hal ini menyebakan waktu kita menjadi sia-sia.
Akibat Bencana Banjir yang melanda Jakarta, kerugian ditaksir bisa menelan triliun rupiah. Dampak itu paling besar bakal dialami warga dan sektor industri. 
Banjir besar Jakarta pada 2007 sewaktu-waktu bisa terulang. Situasi itu, bisa terjadi jika dalam kurun 12 jam, terjadi hujan lebat di Bogor, Jakarta, dan Laut Jawa. Curah hujan di Bogor 400 milimeter per hari, lebih dari 150 milimeter di Jakarta, dan 150-200 milimeter di laut, dikhawatirkan bakal melumpuhkan Ibukota dan banyak rumah yang terggenang air yang menyebabkan rusaknya  rumah , maupun barang-barang berharga
Dari hasil pemodelannya, curah hujan di Bogor bakal terus meningkat seiring pembangunan Jakarta. Pemanasan global dan wilayah metropolitan bakal memperbanyak uap air yang mengalir dari Laut Jawa ke Bogor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar